Reset SMC Macbook Pro 2009

SMC (System Management Controller) merupakan controller yang ada di mac, fungsinya yang paling utama dan penting yaitu merespon bila tombol daya dipencet,fungsi lainnya bisa dilihat disini . Nah, kemarin ceritanya dapet kiriman macbook pro 2009 15 inch yang ga ada LCD,ga ada Baterainya (buntung), kalau masih lengkap semua (misal cuma layar yg eror) tinggal diextend … Continue reading Reset SMC Macbook Pro 2009

Mengubah Penerima Daily Mail Report Zimbra

Tips kecil kali ini hanya tentang mengubah penerima daily mail report zimbra. Jadi biasanya zimbra ada semacam trigger kalau ada service yang kerjanya terganggu,berubah atau mati akan mengirim email notif ke email admin sebagai report bahwa ada service yang berhenti,restart atau berjalan,email ini termasuk report jumlah email terkirim dan diterima dalam sehari. Langkah ini perlu … Continue reading Mengubah Penerima Daily Mail Report Zimbra

MacOS SSH Permission Denied (publickey)

Masih berkutat dengan ssh, ada aja yang perlu diutak-atik,tapi gak apa-apa,meskipun bikin pusing tetep ada ilmu baru. Kasus kali ini sebenarnya mirip dengan postingan saya yang iniĀ ,hanya saja kali ini yang berubah adalah kunci di sisi client,jadilah eror seperti judul diatas yang menyebabkan mumet ndase gara-gara ga bisa login ssh disebabkan karena rsa key di … Continue reading MacOS SSH Permission Denied (publickey)

Google Drive KW Menggunakan Nextcloud (Part 2)

Sebagai lanjutan part 1, di part 2 ini hanya saya bahas cara menghubungkan nextcloud server dengan onlyoffice document server. Login menggunakan user admin nextcloud yang sudah dibuat diawal sewaktu instalasi kemudian masuk ke menu Apps di kolom pencarian ketikkan onlyoffice, nanti akan muncul tombol Download dan enable, klik Setelah di download dan enable, lanjut masuk … Continue reading Google Drive KW Menggunakan Nextcloud (Part 2)

Google Drive KW Menggunakan Nextcloud (Part 1)

Hmmm, karena selo dan kayane menarik, saya tergiur mencoba membangun (yo ora mbangun si jane, wong tinggal install karo konfig) private cloud server menggunakan Nextcloud. Intinya pengin bikin hal semacam google drive, yang orang bisa naruh file di awan,bisa edit,bisa dishare untuk kerja bareng,dlsb, tapi KW. Ada banyak rujukan untuk masang nextcloud, yang kali ini … Continue reading Google Drive KW Menggunakan Nextcloud (Part 1)

Mengatur SSH Keys (Kunci SSH)

Kenapa ssh keys? karena biar login lebih otomatis. Jadi tips kali ini tentang ssh keys, gampangnya, ssh keys ini digunakan untuk login ke server via ssh tanpa menginput password, tetapi menggunakan kunci ssh yang namanya ssh key. Kapan ssh key digunakan? kapan aja,terserah admin mau pake kapan,kalau studi kasus saya digunakan untuk cron job yang … Continue reading Mengatur SSH Keys (Kunci SSH)